Artikel

Bagaimana cara untuk menjadi seorang programmer?

    Dibaca 1667 kali Pemula

Bagaimana cara saya menjadi seorang programmer? Atau "Langka langka apa yang bisa membuat saya menjadi programmer yang baik?"
Itu adalah pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh seseorang yang baru mulai mengenal atau baru saja memutuskan untuk menjadi seorang programmer.

 


Banyak orang yang ingin sekali menjadi programmer, enta karena terinspirasi oleh tokoh tokoh terkenal seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Steve Jobs, bisa karena menonton film atau manga tentang hacking, ataupun karena alasan hobi.
Lepas dari alasan maupun motivasi yang beragam tersebut, ada "satu hal" yang pasti akan dihadapi oleh seorang newbie yang baru saja memutuskan untuk menekuni dunia programming.
Satu hal yang pasti itu disebut "kebingungan".

 

Seorang pemula biasanya akan bingung dan tidak tau akan mulai dari mana.
Dibawah ini saya akan mencoba menjelaskan dan memaparkan langka langka awal yang harus kamu persiapkan, lakukan, dan pertahankan jika mau menjadi seorang programmer yang baik.

 

1. Tentukan masalah/problem yang ingin kamu selesaikan.

Biasanya pertanyaan klasik yang muncul dari sorang programmer pemula adalah: "Bahasa pemrograman apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu?".
Hampir semua pemula memulai dengan pertanyaan ini. Padahal ini merupakan sebuah pertanyaan yang salah besar. Saya mau memperjelas bahwa programming adalah tentang "berpikir" dan bukan tentang "mengetikan code". Programming adalah proses untuk "menyelesaikan masalah" dan bukanlah proses membuat baris baris code yang hanya dipahami oleh komputer. Harap pahami baik baik hal ini.

Jadi pertanyaan yang benar adalah "Apa masalah yang ingin saya pecahkan?" atau bisa juga "Aplikasi apa yang ingin saya buat?" . Itu dia pertanyaan yang benar.
Ketika kamu sudah menentukan permasalahan yang ingin kamu selesaikan, pasti kamu akan lebih mudah memilih bahasa pemrograman yang akan kamu pakai.
Banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang ada saat ini. Dan masing masing dari mereka didesign kusus untuk menyelesaikan permasalahan dan tujuan yang berbeda beda, dan tinggal kamu pilih bahasa pemrograman sesuai permasalahan/aplikasi yang kamu perlukan.
Misalnya jika mau buat aplikasi windows silahkan pakai Visual Basic. Jika mau bikin Robot belajar bahasa C. Jika mau buat aplikasi android silahkan belajar Java. Jika mau bikin webserver silahkan pelajari PHP,ASP atau Node. Mau bahasa pemrograman yang bisa disemua OS silahkan pake C++ atau Java, Jika mau jadi web designer silahkan pake Javascript dan CSS. Dan masih banyak lagi.

 

2. Focus saja pada satu bahasa pemrograman tertentu.

Salah satu permasalahan seorang pemula adalah cenderung dan punya keinginan untuk mempelajari beberapa bahasa pemrograman sekaligus. Saya gak bilang bahwa menguasai banyak bahasa pemrograman itu tidak boleh, bukan. Maksud saya adalah saat kamu baru memulai, focus saja pada satu jenis bahasa pemrograman sampai kamu menjadi ahli pada bidang itu.
Belajar satu jenis bahasa saja itu sudah sangat sulit. Perlu proses sangat panjang agar kamu bisa betul betul menguasai dan menjadi master pada satu bahasa pemrograman.
Mempelajari beberapa bahasa pemrograman sekaligus tidak akan membawa kamu kemana-mana, karena kamu akan mengalami kebosanan dan kelelahan pada awal awal maupun saat ditengah jalan. Pikran kamu akan bercabang, tidak fokus, dan progres akan menjadi sangat lambat. Ingat! Kamu bukan superman. Kita semua hanyalah manusia yang tidak dapat mendorong 2 gerobak secara bersamaan.

 

Jika kamu melihat keluar, kamu akan melihat bahwa sebagian besar master master programing merupakan seorang specialist pada satu jenis pemrograman. Jika kamu temukan programmer yang menguasai banyak jenis pemrograman, perlu kamu tau bahwa mereka belajar menguasai bahasa pemrograman yang lain nanti ketika mereka sudah menguasai bahasa pemrograman yang sebelumnya. Tidak akan kamu temukan seorang programmer jago yang mempelajari lebih dari satu bahasa pemrogaman sekaligus.

 



3. Langsung praktik.

Satu satunya cara untuk cepat menguasai pemrograman adalah dengan langsung praktik. Kapan praktiknya? jawabanya adalah Sekarang!
Mulailah praktikan dengan apa yang kamu bisa. Entah dengan membuat output "hello word" , membuat fungsi sederhana, ataupun melakukan penjumlahan variable A + variable B.
Jangan pernah menunggu memahami dulu baru mempraktikan, jangan! Karena walaupun kamu belum paham, ketika kamu praktikan kamu akan menjadi gampang untuk memahami.
Berawal mempraktikan yang sederhana, tanpa kamu sadari lama kelamaan kamu mulai mempraktikan hal hal yang jauh lebih besar. Dan kamu akan tiba pada suatu saat kamu akan keheranan dengan progress dan kemajuan yang sudah kamu alami.


Dan yang pasti jangan pernah takut dengan yang namanya error. Error itu sudah merupakan sahabat semua programmer, bukan cuma dialami programmer pemula tapi juga sering dialami perogrammer senior. Error itu adalah hal yang biasa. Karena justru melalui Error, kamu akan mendapatkan pengalaman baru. Errornya juga gak akan merusak komputer kamu kok.
Jadi langsung saja praktikan mulai dari apa yang kamu bisa.

 

4. Rajin rajin browsing atau baca buku.

Ilmu yang ada pada kamu tidak akan berambah jika tidak ada asupan ilmu baru yang masuk.
Ibaratnya tubuh manusia, tidak akan bertambah tumbuh jika berhenti makan.
Manfaatkanlah internet sebagai sarana belajar. Di internet kamu akan mendapatkan sumber dan materi yang tidak terbatas. Hampir semua kasus sudah ada tutorialnya didalam internet. Bahkan hampir semua jenis error sudah ada solusinya didalam internet.


Selain browsing, saya anjurkan juga untuk membeli buku. Bisa saja ebook maupun buku cetak yang dibeli di toko buku. Karena dibandingkan dengan materi yang adi internet, buku memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihannya adalah buku isinya lebih otentik, berkualitas, original, lebih lengkap dan ditulis langsung oleh penulis yang sudah ahli . Dibandingkan dengan artikel artikel di Internet yang kebanyakan hanya copy paste.
Belajarlah melalui internet atau lewat buku buku dan langsung praktikan.


5. Jangan pernah berhenti belajar.

Menjadi seorang programmer adalah menjadi seorang newbie seumur hidup. Namanya programmer kerjaanya adalah mengeluti dunia teknologi. Dan teknologi itu selalu baru setiap hari.
Jangan heran misalnya jika ada ilmu yang kamu pelajari hari ini, ternyata besok atau tahun depan ilmu itu sudah tidak terpakai lagi. Jalan hidup programmer adalah belajar dan belajar setiap hari. Ilmu kamu harus selalu diupdate. Ketika kamu berhenti belajar, ilmu kamu akan usang dan tidak akan terpakai lagi. Otomatis kamu akan kalah dalam persaingan dan tekikis oleh perubahan waktu dan jaman.


Jadi ketika kamu memutuskan untuk memilih menjadi programmer, pastikan bahwa kamu adalah orang yang punya hobi belajar dan punya rasa ingin taun yang tinggi. Jikalau kamu merasa tidak ada keinginan untuk belajar, lebih baik jangan jadi programmer, sebab waktu kamu hanya akan terbuang percuma karena dipastikan kamu akan gugur ditengah jalan.
Saya ulangi lagi bahwa jalan hidup programmer adalah belajar terus menerus dan tidak terdefinisikan batas dan kapan waktunya untuk berhenti belajar.

 

6. Bergabung dengan komunitas.

Programming adalah pekerjaan yang sulit. Semua orang tau itu. Sehebat apapun kamu, pasti tetap saja kamu akan mengalami masalah masalah yang tidak dapat kamu pecahkan dan atasi sendiri.
Maka dari itu saya anjurkan bergabunglah dengan komunitas sesuai dengan jenis pemrograman yang kamu tekuni. Silahkan bergabung dengan komunitas komunitas online. Didalam komunitas kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Kamu bisa bertanya tentang permasalahan yang kamu hadapi. Ketika kamu bertanya, pasti akan ada satu atau beberapa orang yang akan membantu mengatasi permasalahan kamu. Selain itu kamu juga akan sering menjumpai member member yang baik hati yang membagikan tutorial-tutorial, sharing aplikasi/source code, dan juga sharing informasi. Dan semuanya Gratis! Kamu bisa manfaatkan semuanya itu untuk kepentingan belajar ataupun untuk kepentingan pekerjaan kamu.

Dan yang paling menarik adalah, dengan bergabung dan aktif dengan komunitas, kamu akan mendapatkan informasi informasi penting tentang update dan perkembangan teknologi. Kamu akan tau teknologi apa yang sedang hot, dan teknologi apa yang sedang ditinggalkan. Dengan mengetahui perkembangan teknologi, kamu akan gampang memutuskan apa yang harus kamu pelajari dan apa yang tidak perlu kamu pelajari.
Jadi ikutlah dengan komunitas. Jangan berpetualang sendiri.
Sama seperti singa, sehebat apapun dia, akan mati kelaparan jika tidak bersama sama dengan kawanan.

 

7. Jangan sampai ditaklukan oleh rasa bosan

Perasaan bosan adalah perasaan yang natural. Itu merupakan mekanisme atau alarm alami tubuh manusia ketika kita sudah terlalu lama melakukan satu hal. Ketika perasaan bosan muncul, itu tandanya tubuh kita meminta agar kita menghentikan sejenak rutinitas kita dan melakukan hal hal lain.


Ketika perasaan ini muncul, tinggalkan sejenak komputer kamu. Silahkan lakukan aktifitas lain untuk mengusir perasaan bosan kamu. Silahkan nonton, jalan jalan, membaca, berolah raga dan lain lain. Biasanya dengan keluar sejenak dari rutinitas kamu, perasaan bosan akan segera hilang.

Namun ada kalanya perasaan bosan akan tetap ada walaupun kita sudah mencoba hal hal lain.
Pada kondisi seperti ini kamu tidak boleh sampai ditaklukan oleh perasaan bosan. Jangan sampai perasaan ini menghentikan proses belajar kamu. Teruslah semangat belajar dan teruslah maju. Pasti perasaan bosan akan kalah dengan semangat kamu.

 

7. Jaga kesehatan

Inilah point paling penting. Menjadi programmer pasti akan tiba saatnya diperhadapkan dengan deadline, lembur, lupa makan, lupa mandi, dan lupa istirahat. Berusahalah menseimbangkan gaya hidup dan pekerjaan kamu. Silahkan lembur asalkan jangan setiap hari. Makanlah sebelum lapar, dan jika sudah capek silahkan beristirahat.
Jangan meremehkan kesehatan. Karena ketika kamu sakit, otomatis kamu tidak akan bisa belajar dan tidak akan bisa berkarya. Maka jaga kesehatan Selalu.

 


Itulah point point utama yang harus kamu ketahui jika ingin menjadi programmer.
Point point yang saya bagikan diatas merupakan hasil dari pengalaman pribadi, jadi bukanlah hasil karang mengarang. :)

 

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu tidak akan mengalami kebingungan lagi untuk memulai petualangan kamu sebagai programmer. Selamat berjuang dan tetaplah semangat!

Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi saya atau silahkan tinggalkan komentar.


Semoga bermanfaat.