Artikel

Release! Apricot CMS v1 beta

    Dibaca 16807 kali

Baca cara Instalasi disini : Panduan Instalasi Apricot CMS 

Download CMS nya disini :apricot.zip

 

Hello Semua.  Selamat pagi dan akhir pekan.

Pada artikel ini saya mau membagikan sebuah CMS yang sudah saya janjikan di artikel sebelumnya. CMS ini merupakan CMS buatan sendiri, dan juga merupakan engine dari blog.Motifasi awal saya membuat CMS ini adalah untuk memudahkan pekerjaan saya sebagai web developers.

 

Pada jaman dahulu kala, beberapa ribu tahun setelah nabi nuh selamat dan melabuhkan bahtera digunung Ararat, sayapun memulai profesi sebagai web developers. Berawal dari cuma hobi oprek oprek coding, bikin aplikasi kecil kecilan, lama kelamaan saya juga mulai menerima project website dari orang orang lain. 

 

Dalam menggarap project project tersebut, saya cenderung lebih suka melakukan coding sendiri daripada menggunakan CMS jadi seperti Wordpress, Joomla, Drupal dan sebagainya. Alasannya  saya adalah karena saya lebih suka dengan tantangan dan lebih suka untuk belajar. Karena dalam melakukan coding, saya dituntut untuk harus belajar terus menerus.  Dalam proses belajar terus menerus ini saya merasakan dan mengalami hal hal baru, pengalaman baru.

 

Namun, cara kerja seperti ini menyebabkan masalah pada diri sendiri. Setiap kali mengerjakan project, selalu saja memulai coding dari awal (nol). Padahal sebagian dari modul atau fitur yang hendak dibuat sudah pernah saya buat diproject project sebelumnya. Lama kelamaan saya sendiripun capek dengan cara kerja seperti. Pada titik tersebut saya memutuskan menggunakan framework. Fitur fitur yang disediakan oleh framework memang luar biasa membantu menghemat waktu dan tenaga pengerjaan. 

 

Dan setelah 2 tahun menggunakan framework, mulai terasa bahwa frameworkpun belum cukup untuk mengoptimalkan waktu dan tenaga saya dalam proses pengerjaan.
Disitulah terpikirlah untuk membuat sebuah CMS solid berpondasikan framework yang sering saya gunakan. Dengan harapan agar supaya saya tidak perlu lagi membuat modul modul secara berulang ulang, maka saya buatlah CMS ini.  CMS ini dikususkan untuk memudahkan saya dalam membuat website website umum yang mencakup blog, portal berita, photografer, company profile dan e-commerce. Saya buatnya semodular mungkin supaya gampang dicostum dan disesuaikan dengan kebutuhan. Memang gak canggih canggih amat sih, tapi telah terbukti cukup membatu menghemat banyak sekali waktu dan tenaga saya.

 

Nah, berhubung saya sendiri mendapatkan manfaat dari CMS ini, maka dari itulah saya mau membagikannya juga kepada teman teman semua. Harapannya agar bisa memberi sumbangan pada dunia open source (walaupun gak seberapa) dan saya juga berharap semoga dengan di-open-source-kannya aplikasi ini, saya bisa mendapatkan fedd-back dan dukungan dari teman teman untuk membuat CMS ini makin baik dan makin bermanfaat.

 

Silahkan download CMS nya disini

apricot.zip

 

Berikut adalah screenshot dari halaman admin:

 

 

1. Main Page

 

Disertakan game flappy bird didalam dashboard, cara bermain, tekan tombol space atau klik mouse.

 

 

2. Semua Artikel

 

Daftar semua artikel, anda bisa lihat mana yang sudah terpublish ataupun yang masih ada didalam draft

 

 

3. Artikel Baru

 

Terdapat fitur 'auto save draft' supaya tidak perlu kuatir jika internet diskonek atau browser tidak sengaja tertutup

 

 

4. Membuat dan mengedit galeri

 

Upload foto disediakan area drag & drop, dan proses upload dihandel oleh ajax.

 

 

5 Membuat dan mengedit Page/Halaman

 

Dilengkapi fitur 'custom javascript', supaya bisa menambahkan perintah javascript pada setiap halaman/page tanpa mengeditnya langsung di source code

 

 

6. Pengaturan Media

 

 


7. News Ticker

 

Fitur untuk menampilkan headline informasi terbaru

 

 

8. Artikel kategori

 

Atikel kategori ini dilengkapi dengan unlimited sub-kategori. Dan proses pembuatan dan pengeditan semuanya dihandel Ajax.

 

 

9. Kategori Galeri

 

Berbeda dengan kategori artikel, kategori galeri tidak memiliki sub kategori. Proses pembuatan dan pengeditan juga di handel oleh ajax

 

 

10. Pengaturan tag

 

Dilengkapi dengan slug untuk SEO pada URL

 

 

11. Dragable menu manager

 

Interaktif menu manager yang dihandel oleh ajax

 

 

12. Pengaturan User

 

Menampilkan semua user

 


13 Penambahan User baru

 

Semua data akan divalidasi terlebih dahulu via ajax sebelum diproses ke database

 

 

14. Pengaturan Web

 

Dilengkapi fitur custom CSS

 

 

 

 


15. Pengaturan dan instalasi Tema

 

Fitur Instalasi + Edit + uninstal Tema

 


16. Pembuatan dan distribusi tema


Cukup 1 kali untuk menyiapkan workspace pembuatan tema. Begitu pula untuk distribusi, cukup satu kali klik, tema dalam bentuk .zip sudah siap didistribusikan

 


17. Pop-up konfirmasi

 

Selalu ada konfirmasi ketika hendak menghapus atau memproses data penting. Jadi tidak perlu kuatir mengalami kecelakaan salah klik.

 

 

 

 

(Baca cara Instalasi disini : Panduan Instalasi Apricot CMS )