Artikel

Pertemuan Galaxy Andromeda dan Bima Sakti (MilkyWay)

    Dibaca 1095 kali

 

Ilustrasi pemandangan dari Bumi pada 3.7 Miliar tahun kedepan saat galaxy Andromeda mendekati galaxy kita (bima sakti)

 

Pada 4 miliar tahun dari sekarang, galaxy tempat kita tinggal sekarang akan menyatu dengan galaxy tetangga kita galaxy Andromeda. Penyatuan ini akan membetuk suatu galaxy baru.
Saat ini jarak antara galaxy kita (Bima Sakti) dan Andromeda adalah 2.5 juta tahun cahaya, dan jaraknya makin berkurang seiring waktu.

Digerakkan oleh gravitasi masing masing, kedua galaxy ini bergerak saling mendekati dengan keceptan 402,000 Km per jam. Dengan kecepatan tersebut, inti kedua galaxy ini akan menyatu pada 4 miliar tahun mendatang.

Mungkin anda bertanya tanya, bagaimana dengan kelangsungan hidup dibumi pada masa itu? apakah aman atau akan terjadi bencana?. Well, jawabannya adalah "Aman".
Dikarenakan jarak antara bintang sangat sangat berjauhan, maka bisa dipastikan bahwa semua kehidupan yang berada di dua galaxy ini akan baik baik saja. Jikalaupun skenario terburuk terjadi, misalnya ada planet Asing yang bergerak mendekati bumi, tentu saja manusia pada saat itu sudah bisa mengantisipasi dan menghindari bencanannya sebelum terjadi. Coba bayangkan; jika umat manusia bisa bertahan sampai 4 miliar tahun kedepan, seperti apa teknologi yang mereka miliki? hehe

Siapapun yang hidup di Bumi pada masa masa itu, pasti mereka akan menikmati pemandangan luar biasa spektakuler pada malam hari. Bintang akan kelihatan jauh lebih banyak dari sekarang dan malam akan menjadi lebih terang. Rasi bintang yang kita kenal sekarang pun akan menghilang dan membentuk rasi bintang yang baru. Dan solar system kita akan memiliki alamat kosmik yang baru.

 

Ilustrasi tahapan bertemunya Andromeda dan Bima Sakti