Artikel

10 Makanan Yang Dapat Membakar Lemak Di Tubuh

    Dibaca 849 kali diet

Mendengar kata makanan, mungkin akan langsung membuat anda takut karena bermasalah dengan berat badan. Namun, tidak semua makanan dapat menyebabkan berat badan menjadi naik. Terdapat beberapa yang justru dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan anda.
Inilah makanan-makanan tersebut:

 

1 Apel

 

 

Ini adalah salah satu buah favorit saya. Saya mengonsumsinya hampit tiap hari, mungkin ini salah satu penyebab mengapa badan saya susah sekali untuk gemuk. hahaha...  Selain rasanya yang nikmat, renyah dan terasa manis di lidah, dan kandungan gula alami yang aman bagi tubuh dibandingkan dengan gula pasir atau gula buatan, buah ini kaya akan nutrisi ,antioksidan dan vitamin. Memakan buah apel tiap hari dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh tiap hari. Serat ini membantu proses pencernaan, membantu tubuh membuang lemak yang tidak dibutuhkan, dan menjaga perut tetap kenyang dalam waktu yang lama. Btw makanlah apel beserta kulitnya karena antioksidan dan serat tertinggi terdapat pada kulitnya.

 

2.Biji Gandum

 

 

Banyak orang mengira bahwa memakan makanan berkarbohidrat dapat menyebabkan berat badan naik. Ini belum tentu benar karena tidak semua makanan berkabohidrat menyebabkan badan membesar. Jenis karbohidrat ada bermacam macam. Beberapa dapat menyebabkan penambahan berat badan dan beberapa yang tidak. Apalagi karbohidrat merupakan sumber utama energi, menghindari karbohidrat pada program diet anda adalah suatu kesalahan besar dikarenakan tubuh tetap memerlukan energi, apalagi bagi anda yang melakukan program diet + olah raga, mengunsumsi karbohidrat itu wajib. Namun tentunya tidak sembarangan sumber karbohidrat, dan anda harus memilih sumber yang baik. Biji gandum misalnya, memiliki karbohidrat yang baik untuk tubuh, cocok untuk anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Berbeda dengan biji-bijian lain beras misalnya, biji gandum memiliki index glycemic yang kecil yang artinya tidak menaikan kadar gula dalam darah diatas normal.  Gandum juga mengandung tinggi serat dan protein sehingga dapat membuat anda kenyang lebih lama.

 

3. Bluberi

 

 

Bluberi memiliki banyak serat, dan rendah kalori. Mengonsumsi dalam jumlah yang banyakpun tidak akan menyebabkan anda gemuk, justru membantu melangsingkan.

 

4. Cabai

 

 

Memakan cabai akan membuat anda kelihatan lebih "hot". Cabai mangandung capsaicin yang juga diketahui dapat menekan napsu makan.

 

5 Jeruk Bali

 

 

Vitamin C sangat membantu dalam proses metabolisme membakar lemak menjadi energi. Dan mengonsumsi setengah jeruk bali ukuran sedang tiap hari selagi perut kosong dapat membatu mengontrol napsu makan dan mencegah anda untuk makan berlebihan.

 

6. Kacang Almond

 

 

Semua jenis kacang-kacangan memang terbukti baik untuk program penurunan berat badan, tapi kacang Almond lah yang paling bersahabat dengan dompet anda. Kacang ini mengandung tinggi protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk jantung.

 

7. Kayu Manis

 

 

Kayu manis dikenal mampu menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mampu menekan napsu makan berlebihan. Cara yang praktis untuk mengonsumsi kayu manis setiap hari adalah dengan mencampurkannya di dalam teh, kopi dan yogurt (plain).

 

8. Kopi

 

 

Minuman terfavorit didunia ini termasuk minuman yang baik dalam membakar lemak! Kafein yang terkandung didalamnya mampu mendongkrak metabolisme pembakaran lemak. Tapi jangan konsumsi belebihan, cukup 2 - 3 cup sehari.

 

9. Lada Hitam

 

 

Piperine adalah zat yang sangat bermanfaat didalam lada hitam. Zat ini dikenal mampu mengurangi timbunan lemak didalam tubuh. Lada hitam juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

 

10. Teh Hijau

 

 

Phytochemical Catechins yang ditemukan didalam teh hijau diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan meminum teh selagi panas untuk memperpanjang waktu konsumsi dan menambah manfaat. Teh juga tinggi akan antioksidan polifenol.

 




Selain yang sudah disebutkan diatas, ini juga makanan yang layak untuk disebutkan:
Sayur-sayuran, kacang-kacangan, semangka, oatmeal.